1. Menggambar part dengan perintah extrude
a. Menentukan pandangan
Sebelum menggambar sebuah part , pertama kali yang harus di lakukan adalah menentukan pandangan. Pilih pandangan yang datar dan memberikan bentuk dan ukuran yang paling kompleks. Sebagai contoh kita lihat gambar dibawah ini :
Jika dilihat dari gambar di atas, bagian yang memberikan bayak bentuk adalah pandangan atas karena memiliki bentuk dan ukuran yang paling banyak . setelah itu abaikan permukaan yang tidak rata.
b. Menentukan plane
Pilih plane sesuai dengan pandangan pada gambar. Sebagai contoh pada gambar 1. 4 telah di tentukan pandanganya yaitu pandangan atas. Maka plane yang dipilih adalah top plane (perencanaan atas) Apabila salah memilih plane , mengakibatkan gambar akan terbalik.
Gambar 1.7 plane
c. Membuat garis bayangan
Langkah ketiga yaitu membuat kotak dengan melihat ukuran terbesar atau ukuran default pada pandangan yang telah dipilih. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini :
Gambar 1.9 garis bayangan
Dilihat dari gambar di atas dapat dilihat bahwa ukuran terbesar adalah 80 mm dan 85 mm. Setelah itu anda buat kotak dengan ukuran 80 X 85. Perlu di ingat dalam pembuatan kotak harus dimulai dari titik origin dan garis yang dibuat harus dalam kondisi “for construction”. Untuk membuat garis menjadi for construction , berikan tanda ceklis pada menu for construction
d. Menggambar sketh
Langkah ke empat yaitu menggambar sketh. Gambar sketh sesuai dengan kontur gambar. Peletakan sketh harus sesuai dengan garis bayangan yang telah dibuat. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini :
Gambar 1.10 sketh
Pada gambar di atas sketh di buat sesuai dengan peletakan garis bayangan. Buat sketh dengan mengabaikan ukuran dan relations terlebih dahulu. Setelah itu potong garis yang tidak diperlukan dengan perintah trim.
e. Memberikan Relations
Langkah kelima yaitu memberikan relation dengan caratahan tombol ctrl pada keyboard kemudian klik dua buah garis. Setelah itu akan muncul menu properties pada sebelah kiri area gambar. Scrol hingga menemukan add relations. kemudian berikan relations seperti seperti tangent, perpendicullar, equal ,radial dll Sehingga gambar menjadi seperti di bawah ini :
Gambar 1.11 pemberian relasi
Pada gambar di atas anda hanya perlu menggunakan relasi tangent saja. Antara garis dan lingkaran, harus dalam posisi tangent. Selain garis dan lingkaran, arc dan lingkaran harus dalam posisi tangent.
f. Memberikan dimensi
Tambahkan dimensi sesuai dengan gambar rencana. Jangan sampai terjadi over defined atau terjadi terlalu banyak memberikan ukuran. Seharusnya setelah di beri ukuran , gambar akan menjadi fully defined (garis menjadi hitam semua). Apabila massih under defined , berati masih terjadi kesalahan pada saat menambahkan relations.
Sketh di atas sudah menunjukan fully defined. Apabila sketh belum fully defined. Maka pada menu bar sketh, pilih display/delete relations. Kemudian pilih fully define sketh. Perintah ini akan memperbaiki kesalahan kesalahan relation dan dimensi yang telah ditambahkan.
g. Membuat menjadi gambar 3D
Setelah selesai membuat sketh, langkah selanjutnya memberikan ketebalan sehingga menjadi gambar objek 3D. Agar menjadi 3D hal yang perlu dilakukan adalah masuk ke dalam menu bar feature. Membuat gambar agar menjadi objek 3D dapat menggunakan perintah extrude, revolve, swept , dll.
Untuk membuat sketh 1.4 menjadi objek 3D maka :
1. Klik exit sketh
2. Klik menu bar feature dan pilih extrude (gambar 1.14)
3. Klik sketh pada menu yang terletak disebelah kiri area gambar (gambar 1.15)
4. Pilih area yang akan di beri ketebalan (gambar 1.16)
5. Masukan ketebalan yang di inginkan (gambar 1.16)
6. Pilih check atau tekan enter pada keyboard (gambar 1.16)
7. Untuk memberikan ketebalan pada bidang lainya, aktifkan sketh kembali dengan cara klik sketh pada menu ( gambar 1.15)
8. Klik extrude kembali, pilih area yang akan di beri ketebalan dan masukan ketebalan ( gambar 1.16)
9. Lakukan sama seperti langkah 7 dan 8 untuk bidang lainya, sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini
10. Tambahkan fillet dan chamfer
Menambahkan fillet : Klik fillet – masukan radius – klik bagian yang akan di fillet (garis)
Menambahkan chamfer : klik chamfer – masukan sudut dan ketebalan – klik bagian yang akan di chamfer (garis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar